Kamis, 10 Juli 2008

Islam dan Reformasi Intelektualitas Perempuan

Ketika Islam, pun Ikatan Remaja Muhammadiyah hendak meningkatkan kepribadian perempuan dengan peningkatan baru dan formasi yang baru lagi asing, bukan hanya asing bagi kaum perempuan terdahulu saja, bahkan juga asing bagi kaum perempuan abad keduapuluh: ketika Islam hendak memulai langkah membentuk kepribadian perempuan, ia berusaha mereformasi akal dan pikiran perempuan serta menggantinya dengan akal baru, pikiran baru dan persepsi baru terhadap alam, kehidupan dan manusia berdasarkan dimensi akidah dan fitrah. Dengan demikian perempuan akan memandang segala sesuatu dengan pandangan baru dan menimbang segala sesuatu dengan kriteria baru. Islam telah melakukan revolusi dengan segala standart atas prioritas pemikiran dan perhatian perempuan dengan cara memformat akalnya dengan format baru yang sama sekali berbeda dengan akal perempuan sebelumnya.

Diantara perhatian Islam terhadap akal adalah bahwa ia menjadikan akal sebagai dasar penugasan, sehingga tidak ada agama bagi orang yang tidak berakal, dan akal menjadi pembeda antara manusia dan makhluk lainnya. Akal adalah manusia bahkan manusia seluruhnya. Ia adalah kekuatan yang menggerakkan, mengendalikan dan mengarahkan manusia ke arah yang di kehendaki. Karena itu, Islam sangat serius mengembangkan akal dengan arahnya kepada cara-cara baru dalam pemikiran dan pembentukan akal Islami yang kritis.

Ikatan Remaja Muhammadiyah, salah satu gerakan social dan dakwah dikalangan remaja juga sangat memperhatikan segmen perempuan, organisasi ini telah berusaha membentuk kemampuan intelektual dalam berinteraksi dan melakukan perubahan. Hal ini dilakukan dengan memfokuskan kepada:

1. Membentuk intelektual dalam mengkritik, mengevaluasi dan memilih.

2. Membentuk kemampuan intelektual dalam menantang.

3. Membentuk kemampuan intelektual dalam membangun secara umum.

4. Membentuk intelektual yang mandiri.

1 komentar:

PW IRM Jawa Timur mengatakan...

kasih bukui tamu yuk.aku dah bikinkan tutorialnya kok.Tinggal kunjungi aja blog http://irm-jawatimur.blogspot.com/